Pandemi Covid-19

 on Friday, April 10, 2020  


Virus corona adalah virus yang menyerang system pernafasan, Virus ini merupakan penyakit yang sangat mudah menular, ia dapat menular pada hewan-manusia dan manusia-manusia, penyakit yang dapat ditimbulkan oleh virus corona diantaranya adalah  flu ringan, batuk, demam, hingga terinfeksinya saluran pernafasan, Infeksi yang disebabkan oleh virus corona disebut covid-19. Virus corona atau (SARS-Cov-2) bisa menyerang siapa saja bayi, remaja, dewasa, bahkan orang tua. virus ini lebih parah dari virus sebelumnya seperti MERS-CoV dan Sars-Cov

Virus corona sudah ada dari tahun 1960an, virus yang tengah menyerang masyarakat saat ini adalah virus corona jenis baru atau dalam istilah dokter disebut 2019 Novel Coronavirus (2019-nCov). Virus ini diketahui muncul di pasar hewan dan makanan laut di kota wuhan china. Pada awalnya virus ini (23/2/2020)  diprediksi telah menyebabkan 17 orang meninggal dan 500 orang lainnya sakit, karna kajadian ini pemerintah kota wuhan meminta masyarakat untuk tidak pergi keluar kota tanpa alasan yang jelas menurut surat kabar people’s daily stasiun kereta dan bandara ditutup pada pukul 10.00, bus kota, kereta bawah tanah dan bus antar jemput juga dihentikan sementara. 

Adanya virus ini membuat sejumlah negara bersiaga, melakukan pemeriksaan dibandara dan tempat tempat lainnya. namun virus ini sulit di prediksi hingga menyebar dengan cepat, virus ini menyebar bukan hanya di asia tetapi kesegala penjuru dunia, Italia, America, Spanyol, Jerman, Prancis dan lainnya, hingga saat ini (10/4/2020), 212 negara terkontaminasi ,1.479.160 terkonfirmasi positif, dan menyebabkan 87.987 orang meninggal. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang terkontaminasi, setelah sebelumnya Indonesia menyatakan bebas dari corona,  pada tanggal 2 mei 2020 presiden Indonesia Dr.Joko Widodo menyatakan 2 orang positif covid-19.  Kasus ini terus meningkat setiap harinya hingga saat ini (10/4/2020), di Indonesia sendiri menyatakan 3.512 positif, 282 sembuh dan 306 meninggal. 

**Langkah langkah pencegahan virus corona diantaranya

  1.            Mencuci tangan dengan benar
    Langkah paling sederhana adalah mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, tidak memegang hidung, mata dan mulut sebelum mencuci tangan menjadi cara efektif penjegaan awal corona.
    2.     Menggunakan masker
    Penggunaan masker menjadi salah satu upaya dalam pencegahan virus corona, menggunakan masker bias disesuaikan dengan kebutuhan, untuk dipergunakan sehari hari kita bias menggunakan masker kain.
    3.     Menjaga daya tahan tubuh
    Daya tahan tubuh dapat mencegah munculnya berbagai penyakit, untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita dapat makan makanan seimbang atau 4 sehat 5 sempurna.
    4.     Dirumah aja
    Meminimalisir penyebaran virus corona pemerintah telah menyampaikan physical distancing untuk pemutusan rantai corona
    5.     Menghindari kontak fisik dengan manusia ataupun hewan
    Coronavirus jenis baru diduga berasal kelalawar dan disebarkan oleh reptil, untuk itu hindari kontak dengan hewan.



Dengan adanya virus corona ini jangan sampai membuat kita ketakutan sehingga melakukan hal hal dibatas wajar, yang dapat kitra lakukan adalah bersifat tenang dan tetap waspada, 
seperti kita ketahui hari ini, di kota awal mulanya corona ditemukan yaitu wuhan telah menyatakan terbebas dari virus corona, rumah sakit khusus corona telah ditutup, masyarakat mulai berangsur beraktifitas kembali, maka yakinlah Indonesia pasti bisa bangkit mari mendukung Indonesia lawan corona dengan
#DIRUMAHAJA
#WFH
#INDONESIALAWANCORONA

Pandemi Covid-19 4.5 5 Fitri Siti Nurjanah Friday, April 10, 2020 Virus corona adalah virus yang menyerang system pernafasan, Virus ini merupakan penyakit yang sangat mudah menular, ia dapat menular pa...


No comments:

Post a Comment

Fitri SN. Powered by Blogger.

Categories