Kandungan surah al-baqarah ayat 148 dan surah fatir ayat 32

 on Sunday, August 30, 2015  



Kandungan surah al-baqarah ayat 148 dan surah fatir ayat 32
o Kandungan surah al- baqarah ayat 148
Surah al-baqarah termasuk salah satu surat madaniyah. Sebab ebagian ayat yatnya diturunkan di madaniyah, kecuali ayat 281 di turunkan di mina, ketika rasulillah saw. Sedang melaksanakan haji wada’. Jumlah dalam surat ini 286 ayat dan termasuk salah satu surat terpanjang dalam al quran. Surah ini di namakan al baqarah (sapi betina), karna di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi yang di perintahkan alaah swt. Kepada bani israel.
Kandungan surah al baqarah 2 : 148 sebagai berikut.
1.Setiap umat memiliki kiblatnya masing masing-masing di dalam beribadah dan mempunyai arah pandang sesuai dengan keyakinanya, suatu syariat dan peraturan – peraturan hidup yang mereka jalani. Misalnya kiblat umat islam saat salat mengharap ke ka’bahyang di dirikan nabi ibrahim dan nabi ismail. Bani israel menghadap baitul maqdis
2.Setiap umat hendaknya menggunakan akal dan segenap dan kemampuannya agar berlomba lomba dalam kebaikan dan mencari agama yang sempurna.
3.Penegasan allah swt. Tuhan yang maha kuasa bahwa setiap umat manusia akan di kumpulkan pada hari iamat kelak. Pada hari itu merek akan diadili dengan seadil adilnya tentang apa yang mereka lakukan ketika di dunia. Pada saat itu pula aku di ketahui dengan jelas siapa diantara mereka yang baik amalnya.


o Kandungan surah fathir ayat 32
Surah fathir terdiri dari 45 ayat, termasuk golongan surah makkiyah, di turunkan sesudah surat al furqan dan merupakan surah terakhir dari urutan surah surah al quran yang hubungannya menggunakan kalimat “al hamdulillah”. Dinamakan fathir (pencipta) karna ada hubungannya dengan perkataan fatir yang terdapa pada ayat pertama. Pada ayat tersebut dikatakan bahwa semuanya itu sebagai bukti bahwa allah swt. Maha pencipta.
Kandungan surah fatir ayat 32 sebagai berikut:
1.Allah swt. Mewariskan kitab al quran kepada hamba hambanya yang terpilih, yaitu umat islam.
2.Sikap umat islam terhadap al quran terbagi menjadi 3 kelompok yaitu
a)                        Orang yang menganiaya dirinya sendiri (dzalimun linafsih) adalah mereka yang tidak memanfaatkan kitab, mereka menjauhkan diri dari kitab yang telah di wariskanatau orang yang lebih banyak perbuatan maksiatnya di bandingkan perbuatan baiknya.
b)                       Pertengah (muqtasid) adalah mereka yang memanfaatkan kitab tanpa melupakan kehidupan dunia. Atau orang yang seimbang antara perbuatan baik dan perbuatan jahatnya.
c)Orang-orang yanglebih dulu dalam berbuat kebaikan (sabiqun bil khoirot) adalah mereka yang lebih mengutamakan pengalaman dari kitab dan menjadikan kitab sebagai jalan hidup (the way of life)
Kandungan surah al-baqarah ayat 148 dan surah fatir ayat 32 4.5 5 Fitri Siti Nurjanah Sunday, August 30, 2015 Kandungan surah al-baqarah ayat 148 dan surah fatir ayat 32 o Kandungan surah al- baqarah ayat 148 Surah al-baqarah termasuk sala...


No comments:

Post a Comment

Fitri SN. Powered by Blogger.

Categories