Semua Tentang CMS (Content Managemnt System)

 on Monday, February 22, 2016  

Sistem manajemen konten (Inggriscontent management System, disingkat CMS),
adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).
Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:
  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce.
  • Mengelola website pribadi / blog.
  • Dan lain-lain.
  • Content Management System atau CMS merupakan sebuah software berbasis web , yang digunakan untuk mengelola konten/isi yang terdapat dalam sebuah web. Contoh sebuah CMS yang sangat Populer saat ini adalah WordPress, dan Joomla. CMS sendiri dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, seperti: PHP (Personal Home Page) bahasa pemrograman script yang paling banyak digunakan saat ini, ataupun HTML (Hypertext Markup Language) bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Untuk membuat sebuah website dengan CMS relatif cukup mudah dan cepat karena kalau kita analogikan CMS itu seperti sebuah Operating System Dalam sebuah komputer (windows,linux, Mac OS) yang dibuat untuk memudahkan penggunanya sehingga kita bisa mengelola komputer kita dengan relatif cukup mudah, begitupun dengan CMS dibuat sedemikian hingga agar penggunanya mudah untuk menambah dan mengelola isi yang ada dalam sebuah website. Dengan CMS, semua itu bisa dilakukan tanpa pengguna harus belajar HTML atau bahasa pemrograman web.Karena CMS adalah suatu software (perangkat lunak) maka CMS bisa berbasis web ataupun aplikasi desktop biasa.
  • Pada dasarnya Anda bisa membuat sendiri CMS untuk situs Anda atau Anda juga bisa memanfaatkan module-module atau aplikasi CMS yang sudah ada di internet. Jika Anda ingin membuat sendiri CMS Anda maka syaratnya adalah situs Anda harus sudah memiliki struktur layout yang fix (tetap). Inti dari CMS adalah melakukan perubahan atau penambahan isi situs pada bagian-bagian yang sifatnya bisa berubah, misalnya halaman berita terbaru, halaman produk atau jasa, halaman foto dan lain sebagainya. Data dari CMS tersebut disimpan dalam suatu database dan dicari atau ditampilkan dengan cepat.
  • Untuk menggunakan sebuah software Content Management System atau CMS tidak diperlukan biaya yang mahal Karena banyak tersedia software opensource seperti Joomla, dan WordPress, dimana joomla dan wordpress merupakan software yang popular saat ini bukan hanya karena mudah digunakan dan power full akan tetapi joomla dan wordpress bisa anda dapatkan secara gratis anda juga bisa mendownload template serta fitur-fitur yang lain apabila anda kurang puas dengan default yang disediakan, dan bagi anda yang belum punya domain dan hosting sendiri bisa ngeblog sekarang juga gratis bisa dengan wordpress disini..
  • Fitur-fitur yang terdapat dalam CMS juga sangat bervariasi, mulai dari manajemen layout situs (yang berfungsi untuk mengubah layout situs Anda), fitur pencarian, editing berita, editing foto, editing produk dan lain sebagainya. Suatu CMS berbasis web dilengkapi dengan mekanisme autentikasi untuk bisa melakukan perubahan atau update isi situs. Ini artinya Anda harus memasukkan username dan password sebelum bisa masuk ke dalam sistem CMS situs Anda. Dengan adanya mekanisme ini maka Anda bisa membagi hak akses kepada beberapa orang dimana orang-orang tersebut bisa meng-update isi situs pada bagian yang berbeda-beda. Misalnya saja si A hanya bisa menambah dan mengupdate berita situs, kemudian si B hanya bisa menambah dan mengupdate halaman foto gallery saja.
Berikut ini cms yang dibuat menggunakan bahasa PHP
Jenis-jenis dari CMS (Content Management System) adalah sebagai berikut  :
1. WordPress
2. Joomla
3. Oscommerce
4. Drupal
5. Php Nuke
6. Mambo
Salah satu CMS yang menurut saya memberi kesempatan pengembangan interface WEB secara lebih fleksibel (mudah) dan lebih complete (professional ) adalah JOOMLA. Joomla sangat praktis digunakan, karena kita dengan sangat mudah mengatur content, module dan lain2 yang telah disediakan. Tapi kita tidak terlalu bisa mengembangkan content management sendiri.
Ada juga yang bilang joomla sangat berat karena terlalu banyak fitur dan modul.Intinya joomla dan mamboo sangat mudah dan praktis, rada berat, support dan tutorialnya banyak. Joomla sangat bagus untuk situs-situs perusahaan atau lembaga.
Joomla juga mempunyai kelebihan-kelebihan secara umum yaitu:
Fleksibel
Dengan joomla, Kami dapat membantu anda membangun website yang sederhana sebagai platform web awal anda, kemudian mengembangkannya lagi pada saat anda membutuhkannya. Fleksibilitas ini sangat berguna jika anda ingin mengembangkan website anda di masa yang akan datang.
User Friendly
Kami menawarkan solusi, oleh karena itu sangat penting bagi kami untuk memastikan bahwa segala fungsi yang kami bangun di website dapat digunakan dengan mudah oleh klien. Joomla menawarkan interface yang user friendly dan intuitif, bahkan untuk pengguna yang tidak mempunyai pengetahuan web dan html dapat dengan mudah mengupdate konten dan menggunakan semua feature joomla
Open source dan dapat didistribusikan secara bebas
Prinsip open source adalah setiap orang dapat menggunakan, mengkopi, merubah dan menambah, serta mendistribusikan secara bebas. Bagi anda yang menganut prinsip open source seperti kami, anda akan mengerti bahwa open source sangatlah penting bukan hanya karena gratis, tapi lebih karena mendorong usernya dan masyarakat secara general untuk berkarya dan menambah nilai pada hasil karya itu sendiri.
Powerful
Joomla dapat diaplikasikan untuk semua jenis website, mulai dari corporate website sampai dengan web e-commerse, serta community builder. Dengan joomla, website anda dapat menjadi lebih powerful dan kaya akan fungsi interaktif seperti forum, rating system, search yang lebih optimal, blog, chat, poling, newsletter, wiki, dll. Jika itu belum cukup masih banyak modul tambahan lain yang ditambahkan ke website dengan mudah. .
Joomlapun terus berkembang
Saat ini bisa dikatakan bahwa joomla adalah web cms opensource yang paling banyak digunakan dan didukung oleh komunitas webdeveloper yang terus menerus menciptakan karyanya di bawah bendera opensource. Begitu banyak aplikasi, modul, dan inovasi baru yang terus berkembang yang dapat anda manfaatkan untuk website
Selain CMS menggunakan PHP ada juga CMS menggunakan ASP.Net seperti list berikut ini :
–          IBuySpy
–          DotNetNuke
–          Rainbow
–          MobilewebPortal
–          Mojoportal
–         Kentico
Mereka dibangun dari asp.net baik dari framework 1.0 sampai framework 2.5. Aplikasi dibuat dengan ASP.NET 2.0 dengan tool yang digunakan adalah Visual Studio 2005, sedangkan penyimpanan data menggunakan Microsoft SQL Server 2005 Express Edition sehingga dapat dimanfaatkan oleh para blogger dalam melakukan kegiatan blogging. Uji coba terhadap aplikasi weblog dilakukan dengan mencoba beberapa jenis keanggotaan yang memiliki hak akses yang berbeda-beda sehingga dapat diperoleh sebuah aplikasi yang dapat memiliki pembatasan hak akses yang akurat dan terpercaya. Dari pembuatan aplikasi ini dapat disimpulkan penggunaan SQL Express sebagai database sangat praktis karena file database dapat berupa file fisik yaitu file dengan extension mdf. Service untuk SQL Express akan ter-install secara otomatis saat instalasi Visual Studio 2005. Penggunaan .NET Framework dalam implementasi sistem weblog memiliki beberapa keunggulan yaitu sistem dapat diakses oleh browser apapun, tidak terbatas pada Internet Explorer. Selain itu programmer tidak perlu melakukan coding terlalu banyak karena banyak komponen yang sudah disediakan pada .NET Framework.



Semua Tentang CMS (Content Managemnt System) 4.5 5 Fitri Siti Nurjanah Monday, February 22, 2016 Sistem manajemen konten  ( Inggris :  content management System , disingkat CMS), adalah  perangkat lunak  yang memungkinkan seseorang un...


No comments:

Post a Comment

Fitri SN. Powered by Blogger.

Categories